RSS
Facebook
Twitter

Monday, March 18, 2013

chelsea vs west ham

Chelsea memanfaatkan betul momen kekalahan Tottenham Hotspur atas Fulham pada game week ke-30 Premier League. The Blues sukses melibas West Ham United 2-0, untuk menggusur Spurs dari zona otomatis ke Liga Champions musim depan.

Chelsea langsung tampil menyerang saat menjamu tim asal Kota London lainnya,  West Ham di Stamford Bridge. Laga baru memasuki menit ke-7, Demba Ba yang diplot menjadi starter ketimbang Fernando Torres, sudah mendapatkan peluang emas.

Memanfaatkan umpan terobosan Frank Lampard, Ba sukses mengalahkan James Collins dalam adu sprint. Sayang, saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Jussi Jaskelainan, mantan striker Newcastle United ini kurang tenang, sehingga tendangannya melenceng.

Chelsea yang tampil dominan, akhirnya sukses memecah kebuntuan pada menit ke-18. Berawal dari tendangan Eden Hazard yang masih bisa diblok Jaskelainan, namun bola muntah kembali ke Hazard yang kemudian melepaskan umpan silang yang ditanduk Lampard dan gagal dibendung kiper asal Finlandia tersebut. Ini merupakan gol ke-200 Lampard sepanjang kariernya di Premier League.

Tertinggal 0-1, West Ham sebenarnya sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Andy Carroll sukses menaklukkan Petr Cech, namun gol tersebut dianulir wasit yang menilai, striker jangkung Inggris tersebut lebih dulu melanggar David Luiz.

Pertandingan kian menarik di memasuki 15 menit terakhir babak pertama. David Luiz punya peluang lewat tendangan bebas, namun masih bisa ditepis Jaskelainan. Begitu juga dengan sepakan keras Victor Moses menyambut umpan Cesar Azpilicueta pada menit ke-37, namun hanya tipis di samping gawang.

West Ham yang banyak tertekan punya peluang emas pada menit ke-40. Berawal dari serangan balik cepat, Carroll memberikan umpan manis ke Mohamed Diame. Sayang, gelandang asal Senegal ini terlalu lama memainkan bola, sehingga tembakannya bisa diblok pemain belakang Chelsea.

Chelsea kembali punya peluang pada menit ke-42. Ba, berhasil lepas dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Jaskelainan. Namun, lagi-lagi upaya Ba masih mampu digagalkan mantan kiper Bolton Wanderers tersebut. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Interval kedua, Chelsea langsung menggebrak dan sukses menggandakan keunggulan lewat aksi brilian Eden Hazard pada menit ke-50. Memainkan kerja sama apik dengan Juan Mata di sisi kiri pertahanan The Hammers, Hazard merangsek ke kotak penalti, melewati dua pemain dan kemudian melepaskan tendangan kaki kiri keras yang tak kuasa dijangkau Jaskelainan.

Keunggulan 2-0 membuat para pemain Chelsea kian percaya diri. Pada menit ke-53, Mata nyaris menambahn pundi-pundi gol, andai sepakannya tidak digagalkan Jaskelainan.

West Ham sendiri belum patah semangat meski tertinggal dua gol. Andy Carroll punya peluang memperkecil ketertinggalan timnya pada menit ke-56. Berawal dari serangan balik cepat, Carroll melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun masih bisa digagalkan Cech. Andai dia tidak egois, mungkin ceritanya akan berbeda.

Permainan cepat masih terus diperagakan kedua tim memasuki 30 menit terakhir laga. Memasuki menit ke-76, Hazard berpeluang mencetak gol keduanya, namun sayang eksekusinya kali ini berhasil dipatahkan barisan belakang The Hammers.

Memasuki lima menit terakhir, Lampard punya peluang emas memperbesar keunggulan Chelsea. Sial, tembakannya di muka gawang, menyambut umpan silang mendatar Hazard, masih melambung.

Semenit sebelumnya,  West Ham sempat memiliki peluang emas memperkecil defisit lewat pemain yang baru masuk, Charlton Cole. Sial, tembakan striker yang pernah memperkuat Chelsea ini masih bisa digagalkan Cech.

Dengan kemenangan ini, Chelsea sukses menggusur Tottenham Hotspur (kalah 0-1 dari Fulham) di peringkat tiga klasemen sementara. The Blues mengoleksi 55 poin, atau unggul satu poin dari Spurs. Chelsea juga masih punya peluang menembus posisi dua, karena hanya terpaut empat angka dari Manchester City.

Susunan Pemain:
Chelsea: 
Cech; Azpilicueta, Cahill, Luiz/Terry (78’), Cole; Ramires, Lampard; Moses/Oscar (70’), Mata/Obi Mikel (86’), Hazard; Ba.

West Ham:
 Jaaskelainen; Demel, Reid, Collins/Tomkins (61’), O'Brien; O'Neil, Diame/Taylor (46’), Collison, Jarvis; Vaz Te/Charlton Cole (80’), Carroll. (acf)

0 comments:

Post a Comment